Category Archives: Tips

Lebih pede mengendarai motor dengan teknik countersteering


Mungkin diantara kita sudah banyak yang udah sering mendengar istilah ini…’countersteering’…tetapi sebenarnya bagaimana sih cara melakukan teknik ini?

Sebelumnya LMB sendiri juga sempat bingung ketika memahami istilah countersteering ataupun menerapkannya…tetapi setelah membaca-baca dan mempelajari lebih dalam lagi ternyata teknik ini cukup simpel…countersteering sendiri adalah suatu cara pengendalian motor yaitu dengan mengubah mekanisme kemudi ke arah sebaliknya untuk membelokkan motor. Sebagai contoh, jika kita mau berbelok ke arah kanan, kita justru membelokkan stang ke arah kiri, sehingga posisi motor lebih miring ke kanan dan dapat menjadikan arah belokan menjadi lebih tajam….yang bingung mungkin bisa lihat gambar di bawah ini…

Image

Nah, dengan gambar diatas mungkin bisa dipahami lagi bahwa penerapan teknik ini cukup simpel. Biasanya ketika kita berada di kecepatan rendah, kita akan mendorong stang kemudi bagian kanan untuk membelokkan motor ke arah kiri…tetapi bagaimana jika kita berada di kecepatan menengah ke atas? nah, disinilah teknik countersteering lebih efektif, dengan mendorong stang kemudi bagian kiri…maka motor akan berbelok ke arah kiri…

Image

Teknik ini banyak digunakan oleh pembalap-pembalap yang biasanya akan melakukan cornering dengan kecepatan tinggi. Jika hanya menggunakan body steering dan teknik cornering yang udah umum…seperti pantat keluar, salah satu kaki jinjit di footstep yang satunya menekan tangki , pandangan mata ke arah luar tikungan dll…niscaya kita akan tetap susah memiringkan motor tersebut…kalo ga percaya dicoba aja deh, di tikungan yang agak tajam…mau rebah di kecepatan 80 kpj keatas pake teknik itu, xixixi…di jamin outwide…

Nah itukan kalo untuk pembalap…toh kita ga perlu lah di kehidupan sehari-hari nikung di kecepatan segitu…mungkin sebagian orang bakal berpikir tentang itu…tapi sebenarnya, bagi LMB sendiri teknik ini justru sangat berguna jika digunakan saat kita ‘seruntulan’ selap selip di jalanan :mrgreen: , atau mungkin yang lebih safety ya untuk menghindari kendaraan yang ada di depan kita dengan lebih responsif…misalnya untuk menghindari motor ataupun truk yang belok mendadak…atau misalnya juga untuk menghindari lubang di jalanan….cara ini udah LMB terapkan ini benar-benar efektif, motor kita bakalan terasa lebih lincah…

buat yang ingin lebih belajar lagi tentang counter-steering…nih LMB kasih link video yang semoga bisa ngebantu…

oke semoga bermanfaat, see ya on next article

Advertisements

Jualan matic boleh unggul di kuantitas, tapi bukan berarti jualan motor sport kalah untung


Seperti yang kita ketahui bahwa segmen matic merupakan segmen yang paling diminati oleh biker Indonesia. Jalanan yang padat merayap, kebutuhan akan kenyamanan, dan juga kepraktisan merupakan beberapa alasan yang menyebabkan segmen ini semakin laris manis tanjung kimpul….

hal ini berbeda dengan motorsport, yang lebih mengunggulkan sisi gengsi dan juga performa, namun dari segi kenyamanan dan kepraktisan sangat minim jika dibandingkan mengendarai motor matic maupun bebek….

akan tetapi, meskipun penjualan matic unggul berkali lipat dari motorsport, bukan berarti menjadikan keuntungan penjualan motorsport jauh dibawah matic, hal ini dapat dilihat dari tabel selisih biaya OTR dan juga NJKB yang bersumber dari Tmcblog

lovemotobike tmcblog list NJKBOTR = NJKB + BBN KB + SWDKLLJ + BPKB + TNKB + STNK + BIAYA X
Continue reading

komstir vixion oblak untuk yang kedua kalinya


Bro sekalian, beberapa hari yang lalu LMB sempet galau karena tunggangan LMB kog terasa susah untuk dikendalikan…jika stang digunakan untuk berbelok rasanya susah untuk dikembalikan ke posisi semula….wess…pokoke ga nyaman blass…Perjalanan jogja-wonosari jadi terasa begitu menakutkan 😦

Sementara itu, ketika motor digunakan untuk mengerem memang terasa adanya getaran pada bagian kemudi…ini mirip seperti waktu motor LMB dulu komstirnya oblak setelah mengalami kecelakaan. Getaran yang LMB rasakan sih memang ga separah dulu…..tetapi yang sekarang disertai gejala susah belok, hmm mungkin jenis kerusakannya berbeda…

Continue reading

Menghitung keakuratan speedometer, tanpa menggunakan GPS


Selama ini, pasti banyak rekan-rekan yang penasaran, sebenarnya berapa sih penyimpangan speedometer di motornya…
nah banyak diantara kita yang biasanya lalu menggunakan aplikasi gps untuk mengukur keakuratan tunggangannya…

namun sebenernya ada cara yang lebih simple dan presisi untuk mengukur keakuratan speedometer, buat yang ga punya gps dan sejenisnya,,, ato yang punya gps di android tapi sinyalnya ga stabil,,, dan tentunya hal ini tetap harus didukung oleh aplikasi di komputer, yaitu gearingcommander…

Image

Continue reading

Papas noken as Vixion, putaran atas gila-gilaan, tapi putaran tengah kog mbrebet


Si vixy baru aja dikasih racun baru, noken as dipapas. Efeknya, putaran atas menggila. . . 130 km/jam didapat dengan mudah (speedo keakuratan gps), top speed yang kerekam di koso sih 136 km/jam di rpm 12.450 dengan bobot pengendara 100 kg. Masih bisa lebih tapi takut nabrak motor nyebrang. Kalo bobot pengendara +- 60 kg aja, dijamin lebih tinggi top speednya 😀

Jangan disamain sama speedo vixion standart lowh, xixixi. Kecepatan segini di speedo vixion standart sih cukup di rpm 10.000 :mrgreen:

Continue reading

Bingung milih Oli


akhir-akhir ini bener-bener dipusingin sama yang namanya oli

sebenernya sih oli yang paling cocok untuk vixion udah nemu, tapi kog ya pas saat mau ganti oli, stok tuh oli di semua toko yang disambangi habis. . . jadi bingung milih penggantinya

oli mak nyoosss

sampe-sampe tadi ngikuti saran seorang yang agak ngawur, nyuruh pake oli eneos yang wadahnya gold. . . katanya dulu dipake enak di motornya,

setelah dibeli, dicek dirumah, lha iya lah ternyata oli mobil, pemakaian awal-awal bakal enak, lama-kelamaan selip kopling. Mana yang jual ga bilang pula, beginilah susahnya orang kurang ilmu 😦 👿 Continue reading