Saatnya Berharap pada Suzuki


Bro sekalian, Jika kita melihat perkembangan mesin superbike, maka akan kita lihat pabrikan motor berlomba-lomba memberikan yang terbaik kepada calon konsumennya. Tenaga yang makin ditingkatkan, mesin yang lebih baik setiap pergantian generasi, konsumen pun merasa diuntungkan dengan hal ini. You get what you paid.

Sementara di negara kita yang tercinta, untuk kelas 150cc pabrikan justru beramai-ramai melakukan downgrade spesifikasi mesin dan mengeruk keuntungan setinggi mungkin, disinilah para pecinta otomotif yang doyan performa mulai gelisah.

Motor-motor terbaru yang dikembangkan, semakin lama performanya semakin dikebiri, dengan hanya penambahan pemanis tampilan luar dan aksesoris. Lalu dijual dengan kenaikan harga yang mungkin tidak bisa dibilang sedikit.

suzuki-satria-fu-150-fi-warna-brilliant-white-solid-black-jpg

Saat ini, hanya suzuki yang memberi angin segar untuk pecinta kecepatan. Mesin yang diciptakan tentunya tidaklah main-main. Limiter yang tembus hingga 13 ribu, tenaga yang powerful, tidaklah mungkin menggunakan kualitas material yang seadanya. Apalagi jika nantinya GSX 150 R akan menggunakan mesin serupa dengan tuning yang disesuaikan. LMB juga berharap kedepannya melalui mesin generasi terbarunya inilah, market sport suzuki akan meroket dan menggerogoti Yamaha dan Honda

Mengapa demikian?

Ini opini LMB yak.

Jika kita melihat marketshare kelas 250 CC. Kiblatnya tentunya adalah ninja 250 cc. Honda lalu mencoba menciptakan motor baru yang dianggap lebih murah dan efisien, yaitu CBR 250 R. Bayangkan jika akhirnya motor Honda tersebut yang lebih laku dibandingkan Ninja 250… Ga bakalan ada deh, R25 dua silinder 14 ribu RPM ataupun CBR 250RR (yang isunya sebentar lagi diluncurkan). Mungkin yang ada ya hanya R25 1 silinder atau CBR 250R facelift.

Sebaliknya arah pengembangan motor sport 150cc. Kenapa Honda menggantinya dengan DOHC overstroke yang bengek di 10.500 RPM? Jawabannya ya karena pake mesin serupa aja pesaing terdekat laku keras kog. Ditambah lagi kalo mesin overstroke ga perlu lah material yang kuat digeber di rpm tinggi, efisiensi donk ya, untung lebih banyak.

Sekarang bayangkan jika suzuki menguasai marketshare motorsport 5 tahun kedepan dengan mesin generasi satria saat ini, kira-kira apa yang akan terjadi? Yap bukan tidak mungkin pabrikan Yamaha dan Honda akan mengembangkan ulang mesin 150cc mereka menjadi lebih powerful dibandingkan Suzuki.

Jadi ya intinya , Suzukilah satu-satunya harapan supaya perkembangan mesin motorsport kedepannya menuju ke arah performa yang lebih baik. Semoga tim marketingnya lebih giat n semangat biar produk ini bisa laku keras di pasaran 😆

*note: bukan sales suzuki, diundang testride satria FU injeksi aja kaga 😆

 

Advertisements

4 thoughts on “Saatnya Berharap pada Suzuki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s