Kontroversi berita pemecatan karyawan karena membocorkan gambar produk baru


Bro sekalian, berita mengenai kasus sanksi atau pemecatan karyawan oleh pihak ATPM karena telah membocorkan gambar produk baru lagi-lagi muncul ke permukaan. Tidak tanggung-tanggung, media sekelas okezone yang meliput kabar tersebut…

Setelah kemarin pihak Yamaha dengan bocoran R25 nya, kali ini giliran AHM yang dikabarkan merasa dirugikan akibat tersebarnya gambar-gambar tersebut…

Tidak dapat dipungkiri, munculnya gambar-gambar tersebut pertama kali memang biasanya dari kalangan para blogger. Blogger memperolah gambar dari para informan yang biasanya dikirimkan via email atau media lainnya…

Bukankah kalau memang pemecatan tersebut memang benar-benar terjadi, seharusnya para blogger juga ikut bertanggung jawab??

Karena bisa saja, semisal karena persaingan antar divisi atau antar personel, kemudian membocorkan rahasia tersebut ke pihak luar…tentu saja yg tertuduh bukan orang tersebut, melainkan divisi yang bertugas mengawasi lokasi tempat produksi…

image

Akan tetapi LMB masih rada bingung mengenai hal ini…kenapa??

Karena seharusnya ATPM bisa donk, mencegah kebocoran itu terjadi…dengan cara apa??

Lho, bukannya blogger-blogger besar tersebut bisa dikatakan dekat dengan pihak ATPM?? Berkali-kali diundang di acara ATPM tersebut, bahkan bertemu dengan para petingginya…

Kalau memang pihak ATPM benar-benar berniat agar para blogger dan media tidak menyebarkan gambar-gambar bocoran tersebut, kenapa tidak diadakan suatu sesi mengenai masalah ini…pertemuan langsung antara pihak ATPM dan blogger… Saya yakin sebenernya pemilik blog blog kelas atas semacam tmc, iwb, pertamax7, dan lain sebagainya adalah orang-orang baik…jadi jika memang diberi himbauan langsung oleh pihak ATPM, para pemilik blog juga pasti sanggup untuk mematuhi himbauan tersebut…

Karena tidak sepatutnya, kita sebagai blogger bersenang-senang, dapet duit dari paypal atau iklan-iklan lainnya karena blog rame dikunjungi,,, sedangkan disisi lain ada karyawan yang dikenai sanksi atau bahkan pemecatan… Bagaimana nasib keluarganya? Bagaimana karir yang sudah dibangun hancur gara-gara masalah sepele?? Bagaimana kalau itu menimpa teman atau saudara para blogger??

Semoga pihak ATPM dan para blogger mau bersama-sama memikirkan jalan keluar dari masalah ini…..

Advertisements

21 thoughts on “Kontroversi berita pemecatan karyawan karena membocorkan gambar produk baru

      1. nbsusanto

        untuk ahm CBR ini juga produksi baru om.. seperti kasus NMP, ada di India, tapi baru juga diproduksi AHM waktu itu.. yang pasti aku nggak berani soalnya denger cerita yg diinvestigasi kasian e, padahal dia nggak terlibat.. 😦

  1. ahacorp

    politik bisnis memang aneh bang … sebetulnya dengan bocoran tersebut ATPM di untungkan dengan bertambahnya peminat motor produksinya karena penasaran ulasan bloger sehingga bisa menaikkan jumlah pembelinya, terus terang ATPM akan rugi besar bila memberi anjuran seperti itu….. dalam perubahan besar yang cepat dan berhasil pasti ada korbannya, mungkin perinsip tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis roda dua di indonesia dengan adanya tumbal terkena PHK tersebut meski terkadang terlihat tidak adil akan tetapi begitulah dunia yang sudah di masuki politik yang menang jadi raja yang kalah jadi bangkai…itu cuma kemungkinan fersi saya pribadi karena kenyataannya saya tidak tahu, bila cara pandang saya ini keliru saya mohon ma’af yang sebesar besarnya karena mungkin ini akan tidak mengenakkan hati meski mungkin begitulah kenyataan di lapangan abang

    Reply
  2. nbsusanto

    namanya uang membutakan mereka rek.. yo koyo obrolan ning grup wasap misal mr. X ki cen hits hunter..
    untuk masalah spyshoot, ibaratnya, seorang cowok mau ngasih surprise ke ceweknya, tentu sebelum tanggal yang ditentukan dia nggak mau ceweknya tau, ndilalah ada temen yang tau dan ngasih tau su cewek, tentu efek surprisenya berkurang bukan? 🙂

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      ATPM e ketoke juga kurang tegas memperingatke blogger e mbud,,, tetep peran mereka juga perlu…lha ket mbien akeh sing nyebarke, AHM karo YIMM ra ngelekke opo2 ke blogger…

      Reply
  3. kodemoe

    ah, bukannya kl ada spyshot gitu malah akan membangun awarness calon konsumen, jd bs mnimbang2 dulu, atau malah bs mnunda dl kptusannya mau beli motor smpe motor yg ada d spyshot itu rilis. kyakna g mgkin kl ada pemecatan, mgkin yg desesalkan ahm itu knp kok gmbr yg mncul dluan itu gmbar yg low res, jd klhtan motornya culun, sebab itu makahnya hnda kmdian cepet2 rilis gmbar hi res lewat blogger, yg sayangnya ttep mnunjukkan kl motornya culun, ngoahahaha, ah smntara ni blm akan pake motor firing, msh mengutamakan fungsionalitas sbuah motor, ngoahaha

    Reply
  4. rvh

    krn itu sudah melanggar perjanjian kerja mas, dan jelas ada area yg terpampang tulisan “di larang memfoto”
    jika sampean bilang seharsurnya blogger jg hrs kena itu prl di ralat mas,blogger ga punya perjanjian dengan pihak atpm,beda dgn karyawan yg ambil foto di area yg memang di larang,kecuali kl ngambil foto nya di luar area itu ga masalah..
    intinya,”karyawan yg mengambil foto produk yg belum rilis itu pelanggaran berat” dan sangsinya di pecat,konsekwensi itu sudah ada di perjanjian awal karyawan itu di trima di perusahaan tersebut..
    pertanyaan saya: salahkah pihak atpm jika memecat karyawan yg melanggar perjanjian kerja itu?

    Reply
  5. rvh

    apa mas udah tau perjanjian kerja saat karyawan tersebut di trima di perusahaan tersebut? apa blogger itu karyawan atpm tersebut mas?

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      Mas, iya kalo emang bener karyawannya yang dipecat itu yang ngespyshoot… Masalahnya yg diinterogasi itu satu divisi mas, satu divisi kena sanksi… Maaf ya mas, kita dari koboys terus terang salah satu ada yg pernah kerja di vendor atpm…dan memang kayak gitu masalahnya…

      Gimana kalo trnyata ada nyusup dari divisi lain yang masuk terus motret seenaknya misalnya… dan yang tertuduh malah bukan orang yang salah… Ga segampang itu mas mikirnya… Karyawannya juga pasti udah mikirin resikonya berat kalo ngelanggar perjanjian itu…Skrg dipikir deh mas pake nalar, karyawan tu dibayar berapa to sama blogger kog sampe mau ngorbanin masa depannya hanya gara2 hal sepele kek gitu? Motor juga seminggu lagi dah rilis… Coba mas dilogika, masuk akal ga?

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s