Adu akselerasi jarak 201 m motor 250cc versi motorplus, pemenangnya adalah…


Bro sekalian, tentunya masih ingat kan ketika LMB dulu pernah bilang kalau hasil uji performa yang ditampilkan oleh motorplus antara CBR 250 vs RR mono vs R25 yang lalu tidak fair untuk ditampilkan karena testernya beda??

Nah pada edisi terbarunya, ternyata pihak motorplus telah menjawab rasa penasaran ini. Motorplus juga ikut menjelaskan bahwa kemarin rider yang menggunakan R25 merupakan rider yang berbeda, karena itu catatan waktunya jauh lebih lambat dibandingkan yang versi sekarang…

Jarak 201 m merupakan pilihan favorit dalam adu drag resmi. Selain itu jarak ini juga jarak yang bisa dibilang manusiawi untuk mengetes kecepatan sepeda motor pada kondisi real, karena di beberapa kota yang padat, tidak banyak bisa ditemukan trek yang panjang…

Pengujiannya sendiri menggunakan alat Vericom CV 3000.

Yuk kita simak catatan waktunya, siapakah yang paling unggul

1. Yamaha R25

image

Menjadi motor yang paling muda diantara motor lainnya, catatan waktu yang dihasilkan R25 terlihat cukup memuaskan. Jarak 201 m dari kondisi diam hanya dibutuhkan waktu 9.61 detik. Catatan waktu yang dihasilkan oleh sang rider ini lebih cepat dari rider sebelumnya, yang hanya membukukan 12.11 detik. Bukti bahwa skill rider sangat berpengaruh disini. Oh iya, jika ingin menghasilkan catatan waktu yang baik dengan motor ini, motorplus memberikan saran tersendiri bahwa RPM motor harus dipanteng pada rpm lebih dari 9000. Hasil terbaik bahkan diperoleh saat start motor dipanteng di 12.000 rpm 😯 …wah bisa dikira alay dah kalo diterapin di jalanan, wkwkwk

2. Ninja 250 FI

image

Menjadi salah satu kandidat 2 silinder lainnya, Ninja 250 harus rela mengakui keunggulan R25 dari segi performa. Dengan power yang lebih rendah 2.66 hp, catatan waktu pada jarak 201m adalah 9.74 detik. Yah, tak terlalu tertinggal jauh sebenarnya karena hanya lebih lambat 0.13 detik. Berbeda dari R25, hasil terbaik yang diperoleh pada motor ini terjadi saat start dilakukan di kisaran 9000-10.000 rpm.

3. Ninja RR mono

image

Menjadi motor yang harganya paling terjangkau diantara lainnya, RR mono justru mampu menjadi raja pada jarak 201 m ini. Catatan waktu yang dihasilkan pun cukup fantastis, hanya 8 detik (Gile, udah mirip catatan waktu motor drag). Hal ini dikarenakan bobot yang ringan, hanya 151 kg, sangat jauh dibandingkan kompetitor yang beratnya 164 kg ke atas… Selain itu karena mesinnya hanya satu silinder, torsinya menjadi sangat besar dan memang sangat cocok jika digunakan untuk berakselerasi… So, yang niat minang motor buat betot-betot an jarak pendek, mungkin RR mono ini yang paling tepat.

4. All new Honda CBR 250 R

image

Menjadi salah satu motor satu silinder lainnya yang memiliki torsi paling besar dan biasanya mempunyai keunggulan di akselerasi, catatan waktu yang dicatatkan CBR 250 ini bisa dibilang tidak terlalu impresif. Pada jarak 0-201 m catatan waktunya adalah  9.72 detik. Masih kalah dibanding R25 dan hanya unggul 0.02 detik dari ninja 250… Mungkin honda lebih konsen dalam memperbaiki tenaga atas dari motor versi terbarunya ini karena memang top speed dan horsepowernya lebih tinggi dibandingkan versi lawas.

So, sudah bisa disimpulkan hasilnya, ketika dites oleh rider yang sama, pada jarak 201 m yang paling unggul adalah Ninja RR Mono, diikuti oleh yamaha R25, kemudian All New CBR 250, dan yang terakhir adalah Ninja 250 fi.

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat dan see ya on next article…

sumber: majalah motorplus

Advertisements

24 thoughts on “Adu akselerasi jarak 201 m motor 250cc versi motorplus, pemenangnya adalah…

  1. kodokijo

    Sesuai ekspektasi, mono rr emang bengis, cocok buat dipakai di jalanan Jakarta. Apalagi saat lht Z250SL minggu kmrn di mal SMS Serpong, busyet dah nih motor, dijamin bakal jadi raja jalanan di Jakarta, krn ramping-enteng-tenaga bengis.

    Reply
  2. brem

    emang top rr mono kl pemakaian di kota2 paling kenceng, karakternya mirip 150rr betot gas motor loncat2 tp kalah top speed dg twin 250. bayangkan rr mono ganti knalpot racing….weh..weh..ngeri akselnya. dg top speed naik 8-10 km/jam bisa membuat r25 babak belur di jalan raya (asalkan kec max 150 km/jam)

    Reply
  3. kowi aditia

    rr mono versi m+ jadi raja 201 meter yang lain menang mahal doank..
    klo rr mono hrga 42. r25 hrga 54. kok bisa selisih sedikit bgt performanya..
    padahal harga beda 12 juta..
    dpet ninja 2tak seken

    Reply
  4. agusta

    R25,nifi,cbr pernah ane asepin dilampu merah,padahal mono ane standar ting2,kalo 2 tak masih blm pernah coba adu akselerasinya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s