Posisi stang R15 sekilas nampak tinggi, tapi kog tetap bikin pegal, kira-kira kenapa??


Bro sekalian, tentunya kita semua udah lihat kan penampakan yamaha R15 yang beredar di pasaran…nah jika kita lihat secara sekilas, mungkin akan terlihat jika posisi stang jepit dari motor ini tidak terlihat terlalu rendah untuk ukuran motor yang dianggap racy…alias bisa dikatakan mirip motor sport dengan ergonomi sport touring…coba kita lihat gambar di bawah ini…

Image

Image

Image

Nah, jika melihat dari ketiga motor diatas, sepintas ergonomi R15 terlihat mirip-mirip dengan CBR 150 FI…jauh kalah racy jika dibandingkan dengan saudara asal eropa nya, YZF R125…

tapi ketika LMB mencoba menunggangi motor ini di peluncurannya yang diadakan di Solo…kesan tersebut langsung berubah seketika…apalagi ketika itu LMB baru saja mencicipi CBR milik teman yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya disini

ketika menggenggamkan tangan di kemudi, terasa sekali kalau beban tubuh benar-benar tertumpu pada pergelangan tangan…Rasanya mirip dengan ketika LMB memakai old vixion yang dimodifikasi dengan stang jepit ninja RR…menunggangi motor ini sehari-hari…memang terasa cukup melelahkan, terlebih ketika berada di kondisi kemacetan yang membuat kita untuk seringkali menekan tuas rem…bikin tangan ini cepat pegal…

Nah, LMB sendiri kemarin sudah meminta tolong temen LMB, kira-kira gimana sih posisi Riding LMB ketika sedang menggunakan motor ini…coba perhatikan gambar ini

Image

bandingkan dengan CBR 150 FI

Image

Ketika kedua motor ini ditunggangi oleh pengendara, ada perbedaan yang cukup mencolok terjadi…

ketika menunggangi R15, jarak setang kemudi dan jok pengemudi yang cukup dekat, membuat gaya gravitasi cenderung condong ke depan…belum lagi didukung juga dengan posisi jok yang cukup nungging sehingga badan menjadi lebih menunduk/bongkok. Antara bahu, badan, dan setang kemudi membentuk sudut yang kurang rileks, sehingga beban menjadi lebih banyak bertumpu pada pergelangan tangan.

Sementara itu ketika menunggangi CBR 150, posisi badan tak terlalu bongkok karena posisi jok dan setang kemudi lebih jauh…jadi penumpukan gaya gravitasi tak terlalu fokus ke bagian depan motor…inilah yang membuat motor ini tetap nyaman dan rileks dikendarai…sudut yang dibentuk antara bahu, badan, dan stang kemudi terasa pas, sehingga beban terbagi ke ketiga bagian tersebut, membuat pengendara tak terlalu cepat lelah…

Tak bisa dipungkiri, posisi duduk pada yamaha r15 akan membuat kita tampak lebih keren…akan tetapi tentunya diikuti juga dengan resiko bakalan sering mampir ke tukang urut nih buat yang sering bermacet-macet ria atau turing jarak jauh…

Image

so, antara kenyamanan dan tampil keren? tentukan pilihanmu :mrgreen:

gambar tambahan, posisi berkendara antara rider dengan tinggi badan +-174cm vs +-165 cm

IMG_2671

IMG_2669

 

Advertisements

48 thoughts on “Posisi stang R15 sekilas nampak tinggi, tapi kog tetap bikin pegal, kira-kira kenapa??

    1. Lovemotobike Post author

      wkwkwk, nggak lah, semakin tinggi badan, justru makin pegel, kayaknya kalo dibawah 165 malah nyaman-nyaman aja mungkin pake r15…ane punya fotonya temen ane yang badannya ga terlalu tinggi naik R15, kayaknya rileks

      Reply
      1. kudo78dk

        wooo… begitu ya… maksudnya kalau pendek kan makin ngebungkuk tuh wong jangkauan tangannya lbh trbatas

      2. Lovemotobike Post author

        pendek tapi panjang tangan, wkwkwkwk

        jarak antara stang sama joknya pendek bro R15, cuma kalo yang tinggi kalo misalnya nyoba dirileks-in, siku malah jadi nekuk…tambah ga nyaman…ntar deh ane coba aplod

    1. Lovemotobike Post author

      haissh,, iyo dink aku lali, tapi yo ga juga guh…nek depan dipendekin otomatis bukannya malah tambah nunduk ya? berarti kalo ga dipendekin harusnya malah posisi stang lebih tinggi CBR nya

      Reply
  1. kuda4tak

    kemarin juga sempet nyoba pas grand mall, buat ane yg tingginya 170++ terkesan cupet gitu, buat nunduk nunduk kurang enak, masih enak nunduk make cbr teman 😀

    Reply
  2. amsiong

    Dari foto2 rider diatas, kelihatan bahwa masalahnya bukan di posisi duduk bro, tapi di berat badan. Coba kalau badan bro cungkring, mau nungging kayak apa pun tangan tidak akan terlalu menopang berat badan 😛

    Reply
  3. dhoe

    ane 170cm…. stang dinaikin 3 cm enak… tapi shock nya mentok 😦 … turunin lagi sekarang 2 cm…. aman ga pegel… maklum ex-pemake motor metik…:P

    Reply
    1. R15

      betul itu, ane pake motor R15 enak enak aja ga pegel walau pun badan gendut, selera orang berbeda beda, ane ga suka jok belakang yg datar makanya ane pilih yamaha R15 movistar

      Reply
  4. zac

    kayaknya ngga kaya gitu deh pengalaman aq mah….justru jarak stang dan dudukan yang jauh itu yg bikin cape,,karena logikanya makin jauh jaraknya, makin horisontal posisi badan kita,,liat aja motor ‘batman’…ditambah posisi dudukan yang cukup nungging pada r15…kalau CBR150 posisi duduk agak rendah, dan posisi stang sama dudukan lebih pendek sedikit dibanding R15..

    Reply
  5. arbil rismawan

    Pengalaman sy nunggangi r15 ko trasa kesemutan di telapak tangan mas bro..hadoohhh…knpa itu ya yg lainnya aman2 sja….

    Reply
    1. arbil rismawan

      Sering kesemuttan nya di telapak tangan tuas gas gt mas broo.ampe kebal rsanya mencet tuas rem.itu mnurut pngalamn sy slm nunggangi r15…gmn cranya supaya ga bikin ksemutan stiap bw r15…

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s