Dengan turunnya harga CBR 250…mana yang lebih terancam penjualannya…R25 atau ninja RR mono??


Bro sekalian, strategi fitur meningkat tapi harga turun untuk kesekian kalinya telah dilakukan oleh AHM terhadap produknya. Nah kali ini hal tersebut juga terjadi pada salah satu produk flagship mereka, yaitu CBR 250R.

Mengalami penurunan harga 2 jutaan dari 48.9 juta menjadi 46.8 juta…motor ini mulai menebar ancaman terhadap eksistensi kedua motor kelas 250cc yang juga baru saja diluncurkan, yaitu ninja RR mono dan juga yamaha R25…

image

Disini honda terlihat tidak ingin melakukan blunder lagi, sudah meluncurkan motor tipe baru tetapi tak menunjukkan hasil positif di lapangan. Daripada berpotensi hanya jadi pajangan semata, lebih baik sedikit mengurangi keuntungan sehingga motor ini layak untuk disandingkan dengan para kompetitornya…

Nah, kali ini LMB ingin membahas lebih jauh nih, jika dibandingkan dengan kedua motor sport 250…posisi cbr ini benar-benar berada di antara keduanya…

Dengan Ninja RR mono bakal dapat kelebihan dari sisi:

Dimensi motor
Hal ini sebenarnya sudah sering LMB bahas jauh-jauh sebelumnya…bagi yang punya postur bongsor, menggunakan ninja RR mono tidak akan memberikan kesan gagah dan moge look karena dimensinya yang kecil, bahkan lebih kecil jika dibandingkan R15 dan CBR 150FI. Sebaliknya jika menggunakan CBR 250…kesan gagah tentu bakal lebih terasa karena dimensinya yang jauh lebih besar.

Speedometer yang lebih enak dipandang mata
Kalau mas bro semua lihat speedometer dari ninja RR mono, pasti bakalan bergidik rada ilfil…ukurannya layarnya benar-benar kecil masbro…ga jauh lebih besar dari korek api…belum lagi informasi rpm juga didapatkan dari dalam layar ini

image

Berbeda jika dibandingkan cbr 250 yang rpmnya menggunakan tipe jarum, sehingga lebih nyaman dipandang mata…

Jok boncenger yang jauh lebih lebar dan nyaman
Para calon konsumen yang sudah memiliki pasangan tentunya juga perlu memperhatikan para boncengernya jika motor ini bakalan dipakai harian… Liat jok ninja RR Mono dibawah ini…kira-kira bakalan nyamankah kalau dipakai buat boncengan?

image

Ukuran ban yang lebih lebar
Ukuran ban belakang ninja RR mono hanya 130/70 sementara CBR 250 140/17…yah memang cuma selisih sedikit sih…hihihi…

Dual headlamp vs single headlamp
Dari sisi muka, kini cbr teebaru sudah terlepas dari bayang-bayang jomblo…sedangkan rr mono seperti kita ketahui menggunakan headlamp yang identik dengan versi naked bike nya

image

Jaringan aftersales yang lebih luas
Sudah barang tentu hal ini tidak bisa dipungkiri lagi…masbro bakalan lebih gampang nemuin dealer honda dibandingkan dengan dealer kawasaki…

Dengan Yamaha R25 bakal dapat kelebihan dari sisi

Harga lebih terjangkau
Sudah jelas kalau CBR ini punya selisih harga yang lumayan besar sekarang dengan kompetitornya di kelas 2 silinder,,,meskipun memang selisih 7 juta rupiah tetap tidak bisa menghilangkan sensasi suara merdu dari motor 2 silinder…yah paling nggak punya sisa duit buat modif dari segi tampilan

Maintenance lebih mudah dan murah
Alasan moto3 menggunakan mesin satu silinder adalah dari awgi efisiensi dan penghematan biaya. Hal ini tentunya juga berlaku pada motor harian. Tenaga dan spare part yang diperlukan untuk memperbaiki mesin 1 silinder tentunya juga bakal lebih minim…

Hemat BBM, ga perlu pertamax plus
Kompresi ratio dari honda CBR 250 ini berada jauh di bawah R25 yaitu hanya 10.7:1 tentunya dengan hanya menenggak pertamax sudah cukup. Buat yang berada di kota seperti jakarta, tentu memang tak akan sulit menemukan pom bensin yang jual pertamax plus…akan tetapi yang tinggal di daerah daerah terpencil, tentu saja bakalan kesulitan. Di Jogja saja yang jual pertamax plus ga lebih dari 5 pom bensin 😦

image

Nah, dengan berbagai macam keunggulan yang diberikan CBR 250 terhadap para kompetitor diatas..,kira-kira mana yang lebih bakalan terancam?? Kalau LMB sendiri lebih cenderung menunjuk ninja RR mono yang harus lebih waspada…mungkin dalam waktu dekat ini, sebaiknya kawasaki sebaiknya tidak menaikkan harga RR mono dulu…jika eksistensinya tak ingin terancam…

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat

Advertisements

27 thoughts on “Dengan turunnya harga CBR 250…mana yang lebih terancam penjualannya…R25 atau ninja RR mono??

  1. LMB29

    Saya rasa harga menjadi pertimbangan ke sekian bro kalo udah ngomongin motor yg kelas segini.. Trus saya lihat kok CBR baru modelnya jadi kayak superbike jadul gitu ya, kayaknya kok biasa banget. Itu menurut saya lho ya..

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      Kalo dari depan lebih kecil om…soalnya fairing mono imut banget, cuma memang tangkinya lebih gede…kalo sama cbr, ane berani bilang lebih gede cbr…hehehe

      Reply
  2. josep

    ok sih ane akuin tampang depan new cbr lebih keren karena udah dual head lamp tapi coba dilihat dari sisi lainnya new cbr kebanting sama desain rr mono yang lebih racy n sexy. buritan jauh lebih nungging, sasis teralis lebih kekar dan diekspos dengan sangat baik sama kawasaki. stang underyoke pure sport. kalo cbr malah masuk kategori sport touring ditambah bonus tanduk. kalo menurut ane disini sisi desain lebih berperan penting dalam menarik hati masyarakat. kalo mau nyaman n irit mending pake bebek aja. hehe…

    Reply
  3. Plat-R

    bner bingit bro, salah pricing bs fatal bwt pabrikan.
    kalo model aka desain itu selera masing2, tuh motor mau dipake harian atau dipajang doang, hehe..
    lanjut efisiensi? mau power besar? mau ngebut dimana? jogja aja macet khan..
    -imho-

    Reply
  4. Rollerman

    Justru menurutku CBR 250 posisinya menggantung. Karena harganya nanggung. Mgkn harga segitu d akibatkan dulu cbr 150 dpasang pada harga tinggi. Makanya nyesuailan. Tp pada konsumen ya harus jelas… dlam artian ya kl murah ya sekalian murah.. kl mahal ya udh mahal sekalian. Nah harga cbr250 itu dkatakan murah ya msh da yg lbh murah.. dkatakan mahal ya msh 1 silinder… mau motor gagah ya pilihannya ya 250cc 2 silinder.. mau 250cc murah ya ambil ninja mono.. ya sdh solusinya dlokalin dg harga nempel ninja mono

    Reply
  5. ax-battler satoedoealima

    ciyus neh, pertamax ada dimana2? tempat ane bensin/premium aja langka apalagi pertamax. terus minum apa? racun tikus? bisa kejadian ambrol tu mesin kaya’ si cebong. mending ahm perja(ka) atau kawak piktor aja dah.

    Reply
  6. Selamet Purnomo

    Cbr 250 kan selama ni yg jadi ejekan itu mesin single silinder.desain sama harga overpricenya.nah sekarang desain da dirubah sama honda.harga uda diturunin juga.kalo masih blum laku juga ya emang harus ganti mesin.
    Tapi kalo nnti da ganti mesin juga masih blum laku..pasrah aja.brrti da kalah cepat seting mindset sama konsumen disini

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s