Redline R25 tembus 14.000 RPM…apakah bakal lebih overbore dari ninja 250??


Bro sekalian, jika melihat dari foto spyshot speedometer yang ditampilkan oleh IWB, tentu saja kita akan tercengang tatkala melihat redline dari motor ini yang sanggup menyentuh angka 14.000…wis jyan, bener-bener bikin keder lawan-lawannya nih mas bro…

Image

Nah, jika melihat dari limiter yang sanggup tembus segitu…tentu saja ada kemungkinan bahwa motor ini bakalan mempunyai power yang lebih tinggi dari Ninja 250 yang limiternya hanya berada pada 13 ribu rpm. Bro bisa bayangin,,,ketika digeber…ini motor nafasnya bakalan panjang banget sepertinya.

tetapi jika kita membicarakan konfigurasi mesin…apakah bakal lebih overbore dari ninja 250?? untuk hal itu kita perlu melakukan kemungkinan perhitungan mas bro…kali ini LMB akan gunakan aplikasi buat ngitung piston speed dari suatu motor, xixixi

Image
Nah, jika dilihat dari tabel diatas, terlihat bahwa dengan menggunakan konfigurasi mesin ninja 250 yang sekarang (Bore x Stroke= 62 x 41.2 mm), piston speed yang dicapai pada saat 14 ribu rpm adalah 19,23 m/s. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya jika saja limiter rpm ninja 250 ditingkatkan menjadi 14.000 pun, seharusnya masih aman untuk digunakan harian. Karena sebenarnya ambang batas maksimal piston speed suatu speeda motor yang biasa digunakan pada motor standar adalah 21 m/s. Lebih dari itu akan mengakibatkan mesin rawan jebol.

Tetapi memang, semakin kecil piston speednya, tentu saja mesin motor tersebut akan memiliki kecenderungan lebih awet…hal itulah yang mungkin menjadi pertimbangan kawasaki hanya membatasi di 13.000 rpm saja.  Hanya saja…karena kemungkinan R25 nanti juga akan dibekali dengan forged piston dan diasil silinder, Yamaha menjadi lebih pede memberikan batas limiter yang lebih tinggi dibandingkan sang kompetitor…

Sedangkan mengenai konfigurasi mesin justru ada kemungkinan yamaha menggunakan stroke yang mirip dengan R6 yaitu 42.5 mm untuk meningkatkan akselerasi motor. Karena dengan stroke tersebut, piston speed yang dicapai pada 14.000 rpm pun masih 19.83 m/s (aman untuk harian)…Hal ini sepertinya lebih logis, mengingat mesin yang terlalu overbore tentu saja tidak akan nyaman jika digunakan untuk harian karena torsi dan tenaga di rpm bawahnya bakalan lebih memble.

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat

sumber gambar: Iwanbanaran.com

Advertisements

27 thoughts on “Redline R25 tembus 14.000 RPM…apakah bakal lebih overbore dari ninja 250??

  1. tri_aja_gunung_kidul

    melu nonton wae…sopo ngerti mampir neng warung ibuku tuku bensin eceran 7rb/gendol

    Reply
  2. Rollerman

    Ya mgkn borexstroke nya sama dengan ninja.. cuman mgkn R25 pakai forged piston sehingga lebih kuat saat d geber RPM tinggi

    Reply
  3. kuroz

    21 ketinggian buat motor harian kang :3
    untuk mengejar durabilitas motor harian biasanya dipatok di angka sekitar 18. produk-produk cbr saja piston speednya sekitar 18 (cbr 150 – 18.09 / cbr 250 – 18.3 ) tapi jika melihat produk2 sebelumnya, yamaha memang berani mematok piston speed lebih tinggi untuk mesin dengan diasil silinder (nvl – 19.5 / r15 – 20.5).

    Reply
  4. Desuka Butenzorg

    Red Line rpm yang cukup menggoda,,,, asal seiring dengan kekuatan nyali pengendara nya,,,
    Mantap analisis nya Bro,,,
    Harapan saya sih semoga saja harga Yamaha YZF R25 ini benar-benar lebih murah dari kompetitornya,,, Sehingga untuk tahap awal bisa menggembirakan masyarakat Indonesia ,,, sebagai pemain baru di kelas 250 cc,,, jangan sampai YIMM memberikan harga jual yg overprice,,,, terlebih lagi masih banyak penyempurnaan yang harus dilakukan pabrikan (YIMM harus mendengar kritik dan saran masyarakat yang sudah terekspos di berbagai media Tentunya) ,,, maka kompensasi dari kekurangan2 yang ada Tentunya harga yang wajar dan rasional,,, apabila sudah banyak penyempurnaan pada tahapan produksi selanjutnya,,,, Silahkan YIMM memberikan harga jual yg sama dengan kompetitor lainnya,,,, semoga YIMM mendengar saran dari masyarakat luas …..

    Reply
  5. kuroz

    jika isu crossplane plankshaftnya benar, karakter mesinnya bakal beda dengan mesin inline silinder biasa. tebakan saya bakal agresif, mirip mesin v 90. jika dikombinasikan dengan EXUP, wah!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s