Johannes Loman: Jika dilokalkan, sebenarnya harga CBR 250 bisa turun signifikan


Bro sekalian, seperti kita ketahui bahwa AHM cukup kesulitan dalam meningkatkan penjualan dari jagoannya di kelas 250 yaitu CBR 250 R. Kendala utamanya yaitu memang dari sisi pricing…dimana walaupun hanya dilengkapi mesin satu silinder, namun harganya melambung begitu tinggi hingga mendekati harga mesin 2 silinder lainnya…Hal ini dikarenakan motor ini yang masih didatangkan dari thailand, sehingga pengenaan pajak dan berbagai macam biaya lainnya membuat AHM kesulitan dalam menekan harga. Satu-satunya cara agar harga motor ini dapat ditekan adalah dengan cara memproduksi motor ini di dalam negri sendiri alias melokalkan.

Image

Nah kali ini LMB akan mengutip beberapa tanggapan dari Johannes Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), yang sempat diwawancarai oleh wartawan Kompas

Lalu muncul wacana, jika diproduksi lokal seperti halnya Yamaha memproduksi R25 di Indonesia, harga pasti bisa ditekan. Mungkinkah?

”Mungkin! Tapi ada syaratnya,” celetuk Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, Kamis (14/5/2014). Menurut dia, syarat utama adalah volume. Secara strategis, Honda harus mempertimbangkan pasar, termasuk potensi ekspor untuk menambah kuota produksi.

Apakah harus ekspor? Loman mengatakan tidak juga. Indonesia adalah pasar sepeda motor yang besar dan berpotensi untuk menciptakan penjualan yang besar pula. ”Namun, akan lebih efisien lagi kalau kompetitif juga di luar negeri. Masalahnya, tidak semua model bisa diterima di negara lain,” jelasnya.

Ditegaskan, untuk memproduksi secara lokal, tidak hanya harus punya kuantitas minimum, tetapi juga harus melihat pemasok dan komponen yang akan dipakai. Jika komponen dipakai sama atau lebih global, memproduksinya juga akan lebih gampang dan efisien.

Soal produksi model sport medium-up ini, Loman mengatakan, CBR150R justru lebih mungkin jika diproduksi lokal karena secara volume lebih besar ketimbang CBR250R.

Nah, pertanyaannya sekarang, andai CBR250R diproduksi di pabrik AHM, berapa perbedaan harga yang masuk akal? Ada selentingan bakal lebih murah Rp 10 juta karena cost akan berkurang dengan tidak adanya beban bea impor. ”Saya tidak bisa bilang Rp 10 juta, tapi yang pasti akan signifikan,” tukas Loman.

Dari kutipan diatas memang dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jika dilokalkan, sangat besar kemungkinan bahwa harga CBR 250 dapat turun secara signifikan. Akan tetapi, volume permintaan yang cukup besar menjadi syarat utama jika motor ini bisa dilokalkan. AHM sepertinya tidak mau mengambil resiko karena belum bisa membaca minat masyarakat pada motor ini…Jika sudah berinvestasi tinggi untuk memproduksi motor ini, namun permintaan yang datang tak sesuai yang diharapkan, maka untuk menutup biaya modal tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama. Sementara itu, untuk pasar ekspor Honda sudah memiliki basis produksi sendiri di Thailand, sehingga tidak bisa gegabah dalam mengambil keputusan. Berbeda dengan Yamaha yang mengambil Indonesia sebagai basis produksi untuk ekspor, sehingga berani untuk memproduksi lokal yamaha R25 .

Last, sepertinya memang kali ini AHM akan lebih fokus dalam menggarap motor fairingnya di kelas 150cc yang jelas-jelas mempunyai peminat yang jauh lebih banyak. Namun jika cbr 250 dual headlamp yang baru-baru ini diluncurkan ternyata mempunyai peminat yang cukup banyak, bukan tidak mungkin kedepannya Honda akan melokalkan motor ini.

Oke sekian, semoga bermanfaat.

sumber: otomotif.kompas.com

Advertisements

10 thoughts on “Johannes Loman: Jika dilokalkan, sebenarnya harga CBR 250 bisa turun signifikan

  1. nullPointer

    All new Tigor aja dulu urusin tuh…
    Masa udh trjual 400rb lbh dicuekin gtu aja, ngk pnya rasa terima ksih lu pun jepunn…

    Reply
  2. O=O

    sbnere gak usah muluk2 ahm lokalin cbr250, yg udah jelas2 aj pasarnya buat tiger 200cc dohc boreup dri mesin cbsf tuning lebih ke torsi power tembus 24-26 PS basic design cb hornet 600/cb500f kasih hrga 29jetian udah maknyus & clear kok, jikalau emang mau lokalin cbr y harga gak mgkn bisa dibawah 30jt so mau gak mau suka gak suka H2H sma RRmono di 35jeti wis nyuooossss….. so kedepan otomotif dimarih akan bersaing ketat & lebih value for money

    Reply
  3. piop

    Mantab…bro 0=0
    Ahm itu sdh punya modal upgrade cb150r jd 250cc jd penerus tiger muanteb itu konsepnya kyk X-01 di india muanteb wes harga 27-28jtan langsubg mmumet konsumen

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s