Aleix Espargaro pesimis bisa raih podium di musim ini


Sempat tampil moncer pada saat tes pra musim, serta beberapa kali bersaing memperebutkan grid terdepan pada saat kualifikasi, ternyata tetap saja tak membuat pembalap NGM forward, Aleix espargaro optimis menatap jalannya perlombaan moto GP musim ini.

image

Maklum saja, hasil lomba yang selama ini didapatnya tak kunjung memperlihatkan sesuatu yang memuaskan. Espargaro kini hanya menempati posisi ke 7 dengan jumlah poin 30.

“Kita harus melupakan podium karena saat perlombaan perangkat elektronik kita tidak sama dengan tim pabrikan, dan aku sangat sering mengalami slide. Ini adalah limitku dan aku tak bisa memaksanya lebih lagi,” ujar espargaro. “Tidak hanya akselerasi dan top speed yang dibutuhkan disini, akan tetapi perangkat elrktronik juga sangat penting. Aku tahu kita akan datang pada beberapa kondisi lintasan dimana kita bisa dekat (dengan pembalap terdepan), akan tetapi akan sangat sulit untuk berada pada podium.”

image

Memang pernyataan Espargaro ini ada benarnya. Ketika memasuki perlombaan, bukan hanya masalah siapa yang bisa tercepat pada satu lap saja, tetapi bagaimana kecerdikan pembalap dalam memanajemen ban sehingga bisa tahan sampai akhir balapan. Disinilah yang membuat kelas pabrikan jauh lebih diuntungkan. Perangkat elektronik yang jauh lebih advanced akan meminimalisir kehilangan grip ban karena kontrol traksi bisa diatur lebih maksimal.

Pantas saja HRC mencak-mencak ketika akan diberlakukan keseragaman ECU pada seluruh peserta. Maklum saja, Honda memang memiliki keunggulan dari sisi ini dibandingkan dengan pabrikan lainnya. Terlihat saat akhir perlombaan biasanya motor-motor Honda masih beringas, sementara yang lain laptimenya makin melorot karena takut ndlosor. Kalau sudah seperti ini, kompon ban lunak ataupun jatah bensin yang lebih banyak pada kelas open tidak akan menjadi keuntungan lagi.

So, memang sepertinya pemberlakuan keseragaman ecu di tahun 2016 nanti akan menjadikan jalannya moto GP jadi lebih seru mas bro…semoga saja…

Oke sekian dulu, semoga bermanfaat…

Advertisements

9 thoughts on “Aleix Espargaro pesimis bisa raih podium di musim ini

  1. Pemakai saja

    Kalau ECU sudah dibuat sama, tentu akan ada lomba pengembangan di sisi lain, dan sekali lagi siapa yang lebih cerdas dan punya dana besar akan menang lagi. Apa perlu kayak moto 2? Sebenarnya kalau mau lebih objektif, moto GP adalah ajang pembuktian semua komponen yang terlibat dalam balapan. Kalau sebuah tim tidak menyinergikan semua komponen dengan baik, tentu akan kalah. Kalau mau lihat balapan hanya dari aspek salip-salipan saja, Indoprik sudah cukup untuk itu. Tapi sejatinya, yang selalu mengatakan motoGP membosankan, IMHO, lebih banyak dari pihak yang jagoannya selalu kalah. Bagi yang jagonya menang pasti kebanyakan merasa enjoy saja melihat jagoannya meliak-liuk semakin jauh meninggalkan lawan, malah berharap lawan tidk bisa mengejar.

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      Jagoan menang sih ya jelas seneng mas bro,.,tapi seneng itu ga sama sensasinya dengan seru….kalo liat adegan salip2an sampe finish pasti ngerasain yang namanya deg-degan…misalnya kek waktu rossi salip-salip an sama marquez di seri perdana kemarin, atau pas dulu lorenzo duel sama pedrosa…sensasi kek gitu tep ga bisa dibeli walaupun jagoan kita menang terus :mrgreen:

      Reply
      1. randystrife

        betul sekali bro… kl pembalapnya terlalu dominan jadi kurang seru alias membosankan.

      2. fnz

        ane jagoin marquez & rossi lho, asli udah demen sama racing stylenya mereka, tapi jujur aja, sekarang rada bosen soalnya marc terkesan terlalu mendominasi, plus rossi juga ternyata dapet masalah ban (meskipun nggak selebay temen satu timnya)

  2. tri_aja_gunung_kidul

    yg jelas ada yg di untungkan dan di rugikan dgn regulasi ECU standart Dorna di motoGP

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s