Komparasi soul GT vs vario110 FI versi majalah otomotif: Vario unggul di performa dan konsumsi BBM, soul GT unggul di handling


Seperti yang kita ketahui bahwa belum lama ini Honda telah meluncurkan jagoan barunya di kelas high end skutik berkubikasi 110-115 cc yaitu new Honda Vario FI menggantikan versinlamanya yang masih menganut sistem karburator. Sementara itu Yamaha sebagai kompetitornya sudah lama meluncurkan matic Injeksi di kelas ini, yaitu Soul GT.

image

Kali ini LMB akan mengutip dan merangkum apa yang telah disampaikan oleh majalah otomotif tentang perbandingan kedua matic ini.

Vario unggul di performa dan konsumsi bahan bakar
Dengan kubikasi yang sedikit lebih kecil dibandingkan sang kompetitor ( 108cc vs 113,7cc), tidak menjadikan lari motor ini menjadi lebih lambat. Yang ada justru sebaliknya…catatan waktu Vario FI mampu melesat meninggalkan soul GT ketika diuji dengan race logic, baik dari segi akselerasi maupun top speed. Nah menariknya…walaupun unggul dari segi performa, tak menjadikan motor ini lebih boros. Vario mampu sedikit lebih unggul dibandingkan soul GT ketika diuji konsumsi bahan bakarnya yaitu mampu menempuh jarak 42.5 km untuk setiap satu liter bensin. Sementara sang kompetitor berada sedikit di belakangnya dengan konsumsi bensin 41.3 km/liter. Sepertinya bagian R n D Honda telah merancang efisiensi mesin vario FI ini dengan cukup baik.

image

Soul GT unggul dari segi Handling dan Riding Position
Tak perlu diragukan lagi, pabrikan berlogo garputala memang ahlinya jika soal meracik sassis motor sehingga menghasilkan handling yang mantabh. Ketika diuji oleh tim otomotif, sang matic terasa lincah untuk bermanuver dan juga tetap stabil ketika dibuat menikung meskipun hingga standar tengah mengenai aspal, superb. Sementara itu Vario FI walaupun ukuran ban sedikit lebih lebar, namun handlingnya terasa sedikit lebih berat. Walaupun memang suspensi lebih nyaman karena disetting lebih empuk.
Lalu dari segi riding position, Soul GT juga mempunyai posisi duduk yang lebih santai karena dek yang rendah dan dikombinasikan dengan posisi stang yang agak tinggi. Selain itu deknya juga cukup luas dan dilengkapi dengan busa jok yang empuk, makin lengkap dah kenyamanannya. Sementara itu pada Vario FI, posisi dek agak tinggi sehingga kaki terasa lebih nekuk…belum lagi ukurannya juga sempit dan busa jok juga lebih kaku…kalah nyaman.

image

Fitur dan Harga
Untuk fitur sepertinya Soul GT juga harus mengakui keunggulan dari sang kompetitor. Bagasi yang lebih luas ( 8L vs 13L), fitur Combi Brake System (CBS), answer back system, dan lampu utama led menjadikan vario 110 FI bisa dikatakan cukup unggul dibandingkan sang kompetitor. Namun hal ini serasa wajar mengingat bandrol New Vario ini berada cukup tinggi diatas soul GT. Yap, untuk OTR Jakarta, Vario dibandrol dengan harga 15.2 juta, sementara Soul GT hanya dibandrol 14.75 juta, selisih hampir 500 ribu.

Oke semoga bermanfaat, see ya on next article

Sumber: majalah otomotif

Advertisements

26 thoughts on “Komparasi soul GT vs vario110 FI versi majalah otomotif: Vario unggul di performa dan konsumsi BBM, soul GT unggul di handling

  1. komatkamit89

    Tapi bentuke kue lohhh…
    Beat fi bangetttt….
    Pas spione di copot,waduuuhhh kayaknya kaku banget gitu ya…
    Soal fitur honda emang top banget,tapi soal desain yamaha emang paling top

    komatkamitblog.wordpress.com/2014/04/28/nih-alasan-yimm-ga-pasang-kick-stater-di-r15/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s