Pedrosa: Motor 2 tak akan jadikan kamu pembalap yang lebih baik


Salah satu pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, angkat bicara mengenai pendapatnya terhadap perubahan kelas 2 tak menjadi 4 tak yang sekarang terdapat di kelas Moto 2 dan Moto3

Pedrosa tidak terlalu percaya bahwa motor 4 tak mengajarkan pembalap muda kemampuan membalap pada trek yang baik jika dibandingkan ketika dia berjibaku di kelas MotoGP250cc menggunakan motor 2 tak dimana pada waktu itu dia mendapat gelar juara 3 kali.
Image
Pedrosa pun memberikan penjelasannya mengenai ini:

“Motor 2 tak adalah motor yang rumit. Semua gaya balap yang membuat posisi siku menjadi sangat rendah datang dari motor ini. Aku bahagia pernah menjajal kelas ini.”

“Walaupun nampaknya terlihat lebih simpel, Motor 2 tak lebih sulit untuk dikendarai. Motor 4 tak mempunyai beberapa batasan. Akan tetapi dengan motor 2 tak batasannya lebih tak terlihat. Tidak banyak pembalap yang bisa melakukannya.”

“Selain itu, lebih banyak variabel yang terdapat pada mesin. Kamu dapat mengganti karburasi dan juga gearbox. Bobot pada motor berbeda. Feelingnya juga berbeda.”

“Kemampuan mengendarai mesin berada di tanganmu. Sistemnya masih menggunakan kabel, bukan elektronik”

Pedrosa berpendapat bahwa balapan modern bagus untuk ditonton karena banyak pembalap mampu mencapai limit pada motor. Akan tetapi motor 2 tak memberikan pelajaran yang lebih.

“Kamu dapat belajar banyak hal yang menjadikanmu pembalap yang lebih baik,” Tandasnya. “Motor dua tak menunjukkan perbedaan dengan lainnya.”

“Sekarang pembalap muda langsung menggunakan $ tak di kelas moto 3 dan Moto 2, Akan tetapi ini tidak sama. Untukku, pembelajaran yang paling baik adalah dua tak.”

Well pendapat pedrosa ini sebenarnya tidak dapat disalahkan juga…saat itu engine 2 tak masih belum secanggih seperti sekarang ini dimana masih banyak hal yang tak bergantung pada sistem elektronik. Akan tetapi jika melihat yang sekarang, pembalap jebolan moto 2 sebenarnya tidak terlalu buruk juga. Marc Marquez bahkan langsung menjadi juara dunia di tahun pertamanya. Selain itu banyak juga pembalap-pembalap lainnya yang tetap mampu bersaing di kelas moto GP. So setuju dengan pendapat pedrosa ataupun nggak?? yah itu sih tergantung pemikiran kita sendiri aja, hihihi.

oke semoga bermanfaat, see ya on next article

sumber: cycleworld.com

 

Advertisements

24 thoughts on “Pedrosa: Motor 2 tak akan jadikan kamu pembalap yang lebih baik

  1. grenade

    kalo tujuannya untuk mempertajam skil mengendalikan motor setuju karena elektronik belum secanggih sekarang…

    tapi bisa juga sebenarnya diterapkan di motor 4tak dengan cara menghilangkan kontrol traksi elektronik…

    Reply
  2. tri_aja_gunung_kidul

    mau koment gak bisa…soalny gak pernah ngerasain motor 2tak 250cc tauny ane mentok cuma 150cc 2tak ..
    tapi kalo liat di era 2tak sering bgt liat balap yg sampe ngepot2 di tikungan (gery mc coy….hihi tulisane bener ora kui..)

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      Hahaha,,,sama masbro…motor apa coba yang diluncurin disini 250cc 2 tak…soalnya jaman dulu masih minim traction control, jadi gitu deh, serba manual ngesot2

      Reply
  3. Madao

    Marc Marquez juga mulai dari GP125 yg 2tak kali………….
    emang pembalap yg pernah ngerasain 2 tak rata2 udah mantep di Moto GP nya ane sendiri pernah ngerasain NSR250SP MC28 emang powernya lebih galak dan liar kalo dibanding motor 250cc 4tak yang ada sekarng
    jadi ane setuju banget ama pendapat Dani Pedrosa emang 2tak lebih ke skill ridernya ketimbang motor GP sekarang yg lebih ngandelin elektronik…………….

    Reply
  4. Ucrit

    Selain di GP125 dan kejurnas spanyol 125cc, marquez juga sudah kenyang dengan mesin 2tak di balap dirt track waktu kecil.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s