Lebih pede mengendarai motor dengan teknik countersteering


Mungkin diantara kita sudah banyak yang udah sering mendengar istilah ini…’countersteering’…tetapi sebenarnya bagaimana sih cara melakukan teknik ini?

Sebelumnya LMB sendiri juga sempat bingung ketika memahami istilah countersteering ataupun menerapkannya…tetapi setelah membaca-baca dan mempelajari lebih dalam lagi ternyata teknik ini cukup simpel…countersteering sendiri adalah suatu cara pengendalian motor yaitu dengan mengubah mekanisme kemudi ke arah sebaliknya untuk membelokkan motor. Sebagai contoh, jika kita mau berbelok ke arah kanan, kita justru membelokkan stang ke arah kiri, sehingga posisi motor lebih miring ke kanan dan dapat menjadikan arah belokan menjadi lebih tajam….yang bingung mungkin bisa lihat gambar di bawah ini…

Image

Nah, dengan gambar diatas mungkin bisa dipahami lagi bahwa penerapan teknik ini cukup simpel. Biasanya ketika kita berada di kecepatan rendah, kita akan mendorong stang kemudi bagian kanan untuk membelokkan motor ke arah kiri…tetapi bagaimana jika kita berada di kecepatan menengah ke atas? nah, disinilah teknik countersteering lebih efektif, dengan mendorong stang kemudi bagian kiri…maka motor akan berbelok ke arah kiri…

Image

Teknik ini banyak digunakan oleh pembalap-pembalap yang biasanya akan melakukan cornering dengan kecepatan tinggi. Jika hanya menggunakan body steering dan teknik cornering yang udah umum…seperti pantat keluar, salah satu kaki jinjit di footstep yang satunya menekan tangki , pandangan mata ke arah luar tikungan dll…niscaya kita akan tetap susah memiringkan motor tersebut…kalo ga percaya dicoba aja deh, di tikungan yang agak tajam…mau rebah di kecepatan 80 kpj keatas pake teknik itu, xixixi…di jamin outwide…

Nah itukan kalo untuk pembalap…toh kita ga perlu lah di kehidupan sehari-hari nikung di kecepatan segitu…mungkin sebagian orang bakal berpikir tentang itu…tapi sebenarnya, bagi LMB sendiri teknik ini justru sangat berguna jika digunakan saat kita ‘seruntulan’ selap selip di jalanan :mrgreen: , atau mungkin yang lebih safety ya untuk menghindari kendaraan yang ada di depan kita dengan lebih responsif…misalnya untuk menghindari motor ataupun truk yang belok mendadak…atau misalnya juga untuk menghindari lubang di jalanan….cara ini udah LMB terapkan ini benar-benar efektif, motor kita bakalan terasa lebih lincah…

buat yang ingin lebih belajar lagi tentang counter-steering…nih LMB kasih link video yang semoga bisa ngebantu…

oke semoga bermanfaat, see ya on next article

Advertisements

25 thoughts on “Lebih pede mengendarai motor dengan teknik countersteering

  1. Mas Odi

    pertama kali tau dari bang haji taufik. setelah dicoba josss. langsung ngebut. jadi ketagihan. tapi entah kenapa sekarang gak berani lagi. semenjak teman2 ceramahin harus tertib sama peraturan pemerintah, karena juga dearah jalan kota saya suka macet, jalan satai, suka kasih jalan ke orang, lebih suka ngalah. jadi kalo jalan hati2, kalo kosong lurus aja cepat, nikung2 gitu lagi gak mau lagi, feelingnya hilang.

    Reply
    1. Lovemotobike Post author

      wkwkwkwk,,,yoa, emang ini tips ngedukung banget buat main seruntulan…tapi ya kalo bisa sih gunakan seperlunya aja…biasanya saya juga pakenya cuma buat ngindari lobang2 kalo di jalan yang ga rata…kecuali ada keperluan mendadak ya terpaksa ๐Ÿ˜†

      Reply
  2. ind

    dulu waktu masih di perkebunan yang jalannya berlumpur, beloknya model gini. ban belakang boleh megal-megol kemana aja, yg penting ban depan terkendali

    Reply
  3. kuroz

    wah…ndak sefti ini kang :3
    klo pake motor harian, pas posisi motorne miring kadang bannya kurang ngegrip. klo gak ati-ati bisa ngedrift beneran. apalagi jalan disini ndak semuane rata. klo suspensi motorne kurang keras n tikungane gak rata pas nikung ban belakang rasane kek nendang nendang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s