Interview Marc Marquez tentang motogp musim 2014


Tinggal menunggu waktu bagi Marc Marquez untuk menjalani race motogp 2014ย  pertama di Qatar. Sang juara bertahan tak mengikuti sesi tes di sepang dan di Australia karena patah tulang pada bagian fibula, dan diperkirakan tidak akan tampil dengan kondisi 100% pada pembukaan musim nanti. Akan tetapi, marquez tetap percaya diri mengenai keikutsertaannya pada awal musim nanti.

Rider dari tim repsol honda ini juga berbicara mengenai targetnya di season kedua pada kelas utama, dimana dia menerima tantangan yang sulit untuk mempertahankan gelar.

image

Pertanyaan yang semua tim, rival, dan juga fans ingin mengetahui jawabannya. Bagaimana keadaan sang juara bertahan setelah kecelakaan? Apakah anda mulai pulih?

Keadaan tulang saya mulai membaik, hal ini sangat penting, dan setiap saya berbicara dengan Dr. Mir (dokter yang menangani marquez) dia mengatakan bahka kondisi saya terus mengalami peningkatan. Aku secara bertahap meningkatkan latihanku, jadi kami akan melihat bagaimana saat nanti berada di Qatar. Yang jelas kondisiku tidak akan fit 100%, tapi aku harus berusaha untuk sebisa mungkin siap.

Bagaimana pandangan anda tentang tumpukan beban kejuaraan dunia, setelah tidak berada dalam lintasan selama dua bulan?

Tentu saja aku tadinya berharap bisa berada di Qatar dengan persiapan penuh dan juga mengikuti pra musim secara normal, akan tetapi situasinya tidak memungkinkan. Aku harus bersabar, terutama pada saat latihan pertama, karena sudah sekitar satu setengah bulan sejak terakhir aku mengendarai motor. Fakta berbicara bahwa tes pertama di sepang berjalan dengan baik dan kami mampu untuk mencoba berbagai macam hal sehingga hal ini sedikit melegakan, akan tetapi jelas bahwa kami masih mempunyai banyak list yang harus dikerjakan pada saat pra musim, karena itu kami harus berusaha sedikit lebih keras pada beberapa balapan awal. Prioritas di Qatar besok adalah melakukan segala hal dengan tenang.

Pada awal februari anda telah mencoba motor baru Honda, apakah banyak perubahan yang terjadi jika dibandingkan dengan motor pada tahun sebelumnya?

Tidak, motor pada tahun 2014 ini sangat mirip dengan tahun sebelumnya. Tentu saja kami harus menyesuaikan motor dengan regulasi baru, terutama tentang aturan konsumsi bahan bakar. Sassis dan swingarmnya berbeda, akan tetapi motor tetap berkarakter sama. Hal yang penting adalah, kami telah mengalami peningkatan. Dengan perubahan dan basis dari tahun lalu, kami merasa lebih baik. Akan tetapi kami juga harus mengevaluasi beberapa hal pada sirkuit yang berbeda.

Bagaimana pandangan anda tentang musim ini, dengan pertarungan baru antara tiga rider spanyol, kebangkitan Valentino Rossi, dan juga Open class?

Kejuaraan pada musim 2014 akan terasa berat, apalagi setelah hanya melihat pra musim dari rumah. Ada banyak rider yang mampu mencatatkan waktu yang baik. Selain itu akan sangat menarik untuk melihat bagaimana performa motor dari kategori ooen, karena terutama saat kualifikasi mereka sering berada di depan kita (factory class). Mereka cukup terbantu dengan penggunaan kompon ban belakang yang lebih lunak. Tingkat kompetisi juga akan tinggi, sangat jelas bahwa rival utama kita adalah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa jika dilihat secara teori, akan tetapi Rossi menjalani pra musim dengan sangat baik. Dia mempunyai perkembangan yang cukup baik, dimana hal ini tidak dimilikinya pada tahun lalu. Kami juga harus melihat posisi yang dimainkan oleh ducati, debut dari Pol espargari di Moto GP dan juga Aleix Espargaro dengan motor open nya… Aku sangat yakin musim ini akan menjadi musim yang menarik bagi para fans…

Setelah memenangkan gelar, tahun ini anda adalah favorit untuk mempertahankannya. Apakah anda merasakan tekanan?

Tekanan memang ada dari hal itu, untuk menjadi juara, untuk mempertahankan gelar. Aku harus berhati-hati, karena sejak dari awal musim, seluruh dunia akan memperhatikan kami. Pada race pertama kami akan mempunyai alasan karena telah melewatkan pra musim, Jadi kita akan melihat bagaimana jalannya lomba. Hal yang penting adalah kami bisa mendapatkan poin dan kemudian di austin akan menjadi akhir minggu yang normal.

Anda tidak pernah mempertahankan gelar sebelumnya. Apakah mendapatkan kembali gelar merupakan sebuah tujuan besar?

Akan sangat menarik untuk mempunyai pengalaman dalam mempertahankan gelar, dimana sebelumnya setiap setelah aku memenangkan gelar aku langsung naik kelas lainnya. Tahun ini, walaupun aku berada pada kelas yang sama, ini adalah tantangan yang baru untukku. Aku belum pernah mengalami hal ini sebelumnya dan sepertinya akan sangat menarik. Aku tidak memakai nomer 1 sekarang, karena nomer 93 memberikanku keberuntungan dan aku tidak mau menggantinya, taoi aku tau bahwa aku adalah sang juara dan kami akan berusaha mempertahankannya.

Yang terakhir, beri kami prediksi untuk tiga besar musim ini, dimana tahun ini merupakan perayaan 20 tahun dari tim repsol honda

Prediksiku tentang moto GP musim ini, meskipun mungkin terdengar buruk: aku yang pertama dan dani yang kedua untuk persembahan bagi perayaan 20 tahun repsol honda, kemudian Jorge yang ketiga.

Sumber: motogp.com

Advertisements

27 thoughts on “Interview Marc Marquez tentang motogp musim 2014

  1. jackalride

    “Prediksiku tentang moto GP musim ini, meskipun mungkin terdengar buruk: aku yang pertama dan dani yang kedua untuk persembahan bagi perayaan 20 tahun repsol honda, kemudian Jorge yang ketiga.”

    Oh my…

    Reply
  2. Mas Odi

    Bener2 anak ajaib. Kok gaya ngomongnya santai, padahal dia itu sudah gak ikut test pra musim, ckck, percaya diri, skill mumpuni, dan data mengatakan motor tetap sama. Kayaknya tahun ini marc santai aja kayak kemarin. Yamaha aja yang kelabakan. Open class bikin sesuatu yang asik nanti. Pedrosa dan marc akan berebut gelar nih. Mental marc masih sama, lalu adu mental sama pedrosa? Sanggup kah si predrosa ๐Ÿ˜€

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s