Rossi, Kunci Sukses Penjualan Yamaha di Indonesia?


Bisa kita ingat di era sebelum kepindahan sang maestro ke yamaha moto gp, penjualan yamaha benar-benar jauh dibawah kedigdayaan Honda, bahkan takluk oleh suzuki.

Honda NSR 500 dan RC211V yang begitu dominan di kancah balap paling bergengsi pun membuat bebek keluaran honda yang bermesin C series menjadi dominan dan terus terusan merajai penjualan.

Selera konsumen di Indonesia memang unik. Mereka begitu menggilai merk barang2 yang dipakai oleh para idola mereka.

Disinilah… Rossi pun datang, penjualan yamaha mulai meroket.

image

Rossi mampu membuktikan bahwa ini lowh yamaha… ga kalah ama mongtor yang udah kalian agung2kan selama ini. Bisa juga jadi juara dunia. Dan memang kebetulan waktu itu… Tenaga jupiter dan vega series lebih baik dari sang kompetitor, tentunya ditunjang juga dengan build quality yang baik.

image

Hal ini semakin diperkuat lagi… Setelah rossi hengkang. Market Share yamaha terus menurun… Lorenzo ga cukup buat jadi icon yang bisa mempertahankan nama yamaha di hati para konsumen.

image

Andai saja waktu itu rossi ke suzuki… Dan jadi juara dunia… Entah kenapa ane yakin… Penjualan suzuki lah yang akan meroket, bukan yamaha.

namanya juga pendapat… Pasti ada yang setuju ada yang nggak…

Monggo kalo ada yang mau sharing pendapatnya 🙂

Advertisements

8 thoughts on “Rossi, Kunci Sukses Penjualan Yamaha di Indonesia?

  1. Prabu Melaz

    Saya sangat tidak setuju dg analisa anda. Menurut saya terlalu dangkal. Penjualan yamaha naik,bukan hanya karena faktor Rossi ke Yamaha. Tapi lebih di sebabkan faktor Honda yang begitu terlena,dan faktor Yamaha yang terus berinovasi. Yang kedua,karena pada masa yang lalu,motor 4 tak hanya Honda. Yang ketiga,dan ini harus di ingat! Penjualan Yamaha mendekati Honda dikarenakan Yamaha berhasil membuat mio menjadi booming! Dan pada waktu itu Honda belum punya motor matic. Yang ke empat,produk2 Yamaha akhir2 ini mmg kurang sreg. Bahkan justru terjadi penurunan. (Vega ZR,justru tampil lebih buruk dibanding Vega R. Jupiter Z new,justru lebih buruk dibanding Jupiter sebelumnya).

    Inilah faktor2 yang membuat Yamaha menurun secara market share. Jadi bukan semata2 faktor Valentino. Meskipun itu tetap memberikan pengaruh.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s