Ban dan Velg gede jadi trend di motor sport cc kecil? Bikin performa tambah loyo


Seperti yang kita tau, akhir-akhir ini motor sport dengan cc 125-150 banyak yang bermunculan dengan menggunakan ban belakang guede. . . contohlah ktm duke, cbr 150 r yang baru. . . bahkan spy shot r15 pun disinyalir pake ban yang gede, mungkin dengan lebar sekitar 130 mm. . . hmm, padahal kemampuan motor-motor ini belumlah seberapa jika dibandingkan misalnya ninja 250 ataupun ninja rr, yang bahkan hanya menggunakan ukuran ban belakang 110/80.

125 cc, ban segede motor 600 cc ๐Ÿ˜ฏ

Penggunaan ban besar ini, mungkin ok lah dari segi tampilan jadi gagah. . . tapi dari segi performa, baik tarikan ataupun top speed, pastinya jelas tidak menguntungkan. . . terutama kalo yang beli motor sport untuk memuaskan hasrat ingin ngebutnya :mrgreen:

Bisa dicontohkan aja, dulu pernah ngobrol2 ma empunya paijo dari warung blog sebelah, setelah pake velg gambot top speed paijonya yang dulu bisa 150 km/jam bahkan belom mentok, jadi Cuma 140-145 km/jam :mrgreen: , ga tau kalo sekarang udah ditambah racun-racun baru tuh paijonya

Pernah juga dulu baca, lupa dimana :mrgreen: , katanya ada yang ninja 250 nya diganti pake ban yang ukurannya lebih kecil dari standartnya waktu balapan FFA 250 di sentul. . . dan akhirnya emang ninja itu juara.

Di vixyku aja, waktu ganti pake ban 110/70. Tarikan jadi berkurang. . . apalagi pake ban lebar 130 mm. . . hmm bisa semakin ketinggalan :mrgreen:

ban belakang new cbr 150, nyomot dari blognya mas iwanbanaran :mrgreen:

Jadi ya mungkin, desas-desus cbr 150 r yang baru lebih loyo daripada yang lama, bisa jadi selain bodynya berat, juga karena menggunakan ban n velg gambot. Lha buat R15 besok yang powernya kemungkinan besar dibawah cbr, apa ga semakin loyo tuh?? Mendingan kalau dikeluarkan di sini, ukuran lebar 110mm aja udah lumayan gagah kog, ga perlu gede-gede jugak. Kecuali kalau powernya dinaikin 2 hp diatas r15 yang kemarin ๐Ÿ™„

sumber gambar: iwanbanaran.wordpress.com, google.com

Advertisements

27 thoughts on “Ban dan Velg gede jadi trend di motor sport cc kecil? Bikin performa tambah loyo

      1. azizyhoree

        yo ben le tuku, tuku dewe ogg! :mrgreen:

        hmmm fdr sport xr MP76 race soft compound donk ๐Ÿ˜Ž *sik mburi nunggu ban sik cocok sementara sik murah disek , *pingine battlaxx :mrgreen:

  1. henk's

    emang bener sih akibat ganti ban +velg tapak lebar akselerasi kerasa beda kyk di vixie gw skrng pake velg chemco plus ban fdr front100 rear 130…

    Reply
    1. lovemybike

      hihihi, ya jangan kecil2 banget lah bro, kalo cbr pake ban sepeda ya gag pantes :mrgreen:

      maksudku yang proporsional lah. . . menurutku ukuran 110/70 untuk ban belakang udah pas n ga kelihatan cungkring asal didukung ukuran velg yang sesuai juga sih. soale kalo pake velgnya kekecilen kek vixion, bentuknya jadi mbulet gag keliatan lebar

      Reply
  2. Biker

    Wah motorku stndar pabrikannya 100/90, tp kayaknya masih kurang gede jg, ganti sama 130/70. Walaupun konsekuensinya motor jd agk berat, gpp lah, lagian jakarta tiap hari macet di-mana2. Sesekali dibawa keluar kota jg cuma berani 100km/jam, itupun mesin masih enteng bngt, malah ngerasa motor jd lebih stabil.

    Reply
    1. lovemybike Post author

      hmm, kalo untuk fashion emang gag papa sih bro. . . yah lagi-lagi tergantung ama selera pengendaranya juga, kalo ane sih, ga seneng kalo tarikan motor ane berat, apalagi bobot ane juga udah berat :mrgreen:

      Reply
  3. ninja250holic

    ganti ban… Ukuran besar… Klo bs velg juga… Ngikutin… Efek.ny adlh…. Motor makin stabil trlebih saat ngelibas… Tikungan…. Saya rasa naik 10-20mm dri std..msih ada di bts normal. Saya prnah coba…. Di motor saya pake bn belakang 120/70 (ninja 250) naek.ny cepet,cm saat mlibas tikungan..MOTOR SANGAT GOYANG jdi rs.ny g mungkin klo omr n250 pke bn lbh kecil.. Skrg syg pake ban dpn irc(110/70) blkg bt45(150/70) alhsil…. Akselerasi brkurang… Nmun top speed ttp 165-170km/h

    Reply
    1. lovemybike Post author

      Beneran bro, ane ga bohong, dulu pernah diulas di otomotifnet kalo ga salah, Ninjanya pake ban yang lebih kecil. Katanya, gp mono yang powernya lebih gede aja ga pakai ban gede-gede. Lha ninja kog pake ban yang lebih gede dari gp mono. Sayang artikelnya udah ilang, soalnya artikel modifikasi yang ditampilin cuma sampe akhir 2010 kemarin :mrgreen:

      Reply
  4. Virus

    tpi klo ane lebih demen ban + velg lebar bro…toh utk lari motor masih bs enak dibawa ampe 120 kpj (versi speedo) <— mesin standar…nah pun safety brtambah klo utk keluar kota, nikung mantab + klo kena angin gk goyang sana sini…

    Reply
  5. Who Am I

    New YZF R15 katanya 22 HP on Crank.
    Mngkn On The Wheel 20 HP.
    CBR 150R 19,5 HP.masih kalah ma R15

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s